Cara Memberi Nomor Halaman untuk Laporan PTK/Tugas Akhir/Skripsi dalam Satu File Ms.Word

Sistematika penulisan laporan PTK/Tugas Akhir/Skripsi biasanya terdiri dari beberapa BAB. Untuk penomoran halamannya biasanya berada di kanan atas kecuali pada lembar/ halaman awal bab, yaitu di tengah bawah. Selain itu, pada halaman judul dan halaman-halaman awal (seperti halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, dll) penomorannya pakai angka romawi kecil.

Bagaimana caranya hal tersebut bisa dilakukan dalam satu file Ms.Word?

Melalui blog ini saya akan berbagi ilmu yang mungkin bagi sebagian orang sudah dianggap basi, atau mungkin tidak berguna. Tapi mungkin saja bagi sebagian orang yang lainnya inilah yang sedang mereka cari untuk membantu menyelesaikan tugasnya sehingga apa yang akan saya sampaikan ini menjadi hal yang bermanfaat. Semoga.
Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  • Baca Basmallah dan berdoa
  • Ketik Halaman judul laporan PTK-nya/ tugas akhirnya/ skripsinya
  • Setelah selesai dan hendak membuat halaman baru, jangan di enter terus hingga ke lembar baru, tapi pakai langkah Page Layout > Breaks > Next Page. Barulah mulai mengetik Kata Pengantar/Daftar Isi/ BAB I dan begitu seterusnya jika berganti BAB.
  • Jika sudah, selanjutnya tinggal memberi penomoran halaman. Caranya:
    1. Letakkan kursor di BAB I
    2. Pilih Insert > Page Number > Top of Page > Plain Number 3 (nomor halaman akan terlihat di kanan atas)
    3. Jika hurufnya belum Times New Roman 12 maka sesuaikan dulu. Karena biasanya laporan ptk/TA/Skripsi harus pakai font itu. dan jika nomor halaman pada BAB I kok tidak dimulai dengan angka 1 maka perlu diatur dengan pilih Page Number > Format Page Number > Start at (diisi angka 1) > OK)
    4. Masih di tab Design > Different First Page dicentang. (otomatis nomor di halaman pertama Bab I yang dibuat pada langkah tadi tersembunyi)
    5. Selanjutnya pilih Insert > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 2 (nomor halaman akan terlihat di tengah bawah, jika hurufnya belum sesuai maka sesuaikan dulu)
    6. Untuk BAB II, letakkan kursor di BAB II kemudian pilih tab Design > Different First Page dicentang. Begitupun dengan BAB III, IV, dst....
    7. Langkah selanjutnya untuk halaman judul, kata pengantar, daftar isi, dll, yang menggunakan angka romawi kecil. Letakkan kursor di halaman judul.
    8. Pilih tab Design > Different First Page dicentang
    9. Masih di tab Design > Page Number > Format Page Number > Number Format: (pilih yang i,ii,iii,...) > OK
    10. Ulangi langkah 8 dan 9 untuk halaman kata pengantar, daftar isi, dll. (ingat, kursor diletakkan pada halaman yang akan diformat nomornya).
    11. Ucapkan Hamdallah.

Demikian langkah-langkah dalam memberi penomoran halaman untuk Laporan PTK/Tugas Akhir/Skripsi dalam Satu File Ms.Word.

Baca juga cara Membuat Daftar Isi Otomatis dengan Ms.Word

Terimakasih. Tantowi

Komentar

  1. Gimana caranya sih? Saya sudah mencoba langkah2nya, namun masih gabisa, sudah pake heading dkk nya, cuman halamannya dimulai dari cover . Makasih mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langkah yg saya sampaikan juga mulai dari halaman cover...

      Hapus
    2. Saya berhasil raden rakha, dan makasih juga atas kontennya tantoni hartono sangat membantu sekali

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rancangan Alat Peraga Pembelajaran Perkalian dan Pembagian Bilangan Bulat

Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi pada Kegiatan Inti Pembelajaran